
SQ3R adalah metode membaca yang terdiri atas langkah-langkah dasar dalam belajar dengan
cara yang efisien. Adapun
SQ3R ini merupakan kepanjangan dari untuk Survey, dan Q untuk Question, dan 3R untuk Read, Recite dan Review.
McNamara, T. (2000) menyatakan bahwa
metode SQ3R merupakan metode pemahaman , awalnya diciptakan sebagai startegi
keterampilan studi bagi siswa.
Implementasi dari metode ini terdiri dari lima langkah yang dapat dijelaskan sebagai
berikut:
Survey
Langkah ini merupakan langkah pertama yang
dilakukan para pembaca atau para siswa sebelum memulai membaca. Langkah
ini di
mulai dengan cara melihat seluruhteks, lihat apa judul dari bacaan
tersebut, dan hal ini akan
mengarahkan siswa/pembaca tahu mengenai apa yang akan dibaca dengan
cara: memeriksa pengenalan dan ringkasan paragraf, referensi, dan
lain-lain.
Question
Pada Langkah ini, para pembaca atau para siswa dituntut untuk bisa bertanya pada diri sendiri teks tersebut “mengenai apa, bagaimana, kenapa, dsb”. Jadi pada tahapan ini siswa bisa dibimbing untuk mempertanyakan teks yang dibaca sehingga mereka bisa mencari tahu lebih dalam lagi mengenai teks tersebut.
Read
Selanjutnya, para siswa membaca paragraf
yang ditugaskan dengan meninjau
kembali dan mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkembang
dilangkah sebelumnya. Siswa harus merevisi pertanyaan yang
diperlukan atau membuat pertanyaan baru yang muncul selama mereka
membaca. Bagian inimembutuhkan konsentrasi tinggi dan waktu yang cukup
bagi siswa.
Recite/Rewrite
Pada tahap ini, siswa dituntut untuk bisa berkata pada dirinya sendiri dengan suarayang keras atau menuliskan kembali kata kunci yang meringkas poin utama dari bagian teks/paragraf tersebut dan jawab pertanyaan yang ada dalam teks. Hal yang lebih terpenting adalah siswa di harapakan untuk menggunakan kata-katanya sendiri dan bukan hanya sekedar menyalin kalimat dari teks.
Review
Langkah selanjutnya setelah melakukan langkah 2-4, siswa memiliki daftar katakunci yang menyediakan semacam garis besar untuk teks, uji para siswa dengan menutupi kata kunci dan lihat seberapa baik siswa dapat mengingat kata kunci tersebut. Langkah ini harus siswa lakukan setelah siswa selesai membaca teks. Jika siswa tidak dapat mengingat salah satu poin utama dari yang siswa buat, itu berartiadalah bagian yang siswa butuhkan untuk membaca ulang.
Apakah teachers sekalian tertarik untuk menggunakan metode ini? Semoga metode ini bisa bermanfaat bagi teachers sekalian.